Selasa, 28 Oktober 2014

Berjalan 10.000 Langkah Menuju Penurunan BBM



Berjalan 10.000 Langkah Menuju Penurunan BBM

M. Nadjib Bustan
Guru Besar Ilmu Kesehatan dan Olahraga

Rasanya tidak rational! Hanya saja, ternyata  jalan kaki menjadi pilihan pertama masyarakat yang berpikiran rasional di seluruh negara modern jika mereka ingin menuju suatu tempat yang berjarak tidak terlalu jauh. Mereka berjalan dari rumah ke halte, lalu dari halte ke tempat kerja. Sebaliknya sewaktu pulang dari tempat kerja ke halte, naik angkutan publik, turun di halte dan jalan kaki kembali ke rumah. Gambaran pola hidup gerak dan bertransportasi seperti inilah yang terjadi setiap hari di seluruh dunia, kecuali Indonesia.
Indonesia merupakan negara penghasil minyak. Namun, hingga sekarang ini negara dan bangsa Indonesia masih terus terombang-ambing dalam isu bahan bakar minyak. Subsidi BBM masih merupakan masalah yang tidak terselesaikan. Kalau harga BBM dinaikkan, kelompok masyarakat bawah terjepit. Sebaliknya, kalau harga BBM dipertahankan dan tetap subsidi, Presiden dan pemerintah pusat mengalami defisit anggaran. Salah satu pilihan yang dapat diajukan dan semua pihak pasti sepakat adalah dengan mengurangi pemborosan penggunaaan BBM. Macet merupakan salah satu sumber pemborosan BBM, disamping kemalasan berjalan kaki dalam bergerak ke suatu tempat yang berjarak dekat. Jarak satu kilometer merupakan jarak yang layak ditempuh dengan berjalan kaki. Jika kantor, tempat kerja atau lokasi yang ingin dikunjungi itu  jaraknya hanya sekitar satu kilometer, jalan kaki lebih baik dipilih dari pada berkendaraan  sendiri.
Berjalan kaki adalah alternatif olahraga utama dan pertama untuk setiap orang. Olahraga jalan kaki dapat dilakukan dengan mudah, murah, kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Berjalan kaki juga sangat tepat sebagai pilihan moda transportasi alat bergerak pindah dari rumah ke kantor atau tempat kerja lainnya.
            Sekarang, bagaimana menjadikan berjalan sebagai olahraga yang bermanfaat dan berdampak mengurangi penggunaan BBM. Yang jelas, penggantian moda penggunaan kendaraan BBM dengan cara jalan kaki akan berdampak pada penurunan penggunaan BBM.
Dengan olahraga berjalan, jantung dan paru menjadi lebih sehat, aliran darah ke otak menjadi lebih lancarr, sehingga pikiran tambah segar dan stres berkurang. Manfaat ini akan diperoleh dengan melakukan kegiatan berjalan kaki selama 30 menit per hari dengan menempuh jarak sekitar 2-3 kilometer. Sepuluh ribu langkah atau feet berarti berjalan sebanyak 10 ribu langkah yang setara dengan 10.000 kali 30,48 cm atau  304.800 cm atau sekitar 3 kilometer. Tiga kilometer selayaknya ditempuh dalam 30-45 menit. Olahraga berjalan ini bernilai sebagai olahraga berintensitas sedang yang bisa membentuk tubuh yang bugar dan berbagai manfaat kesehatan dan lainnya. Salah satu manfaat berjalan adalah menurunkan stress dan lemak tubuh. Artinya dengan berjalan 10.000 langkah, misalnya  sebagai mode transportasi harian ke tempat kerja, akan memberikan dampak positif berupa penurunan stres, pengurangan lemak tubuh, dan penghematan penggunaaan BBM.
Pilihan lebih baik berjalan ini dapat dilakukan ketika ingin ke suatu tempat yang jaraknya sekitar satu kilometer. Kalau jaraknya tujuan cukup jauh, selayaknya pergunakanlah pilihan pertama dengan angkutan transportasi publik. Kalau terpaksa, pergunakan kendaraan pribadi. Hanya saja, dari tempat parkir ke tempat/kamar kerja, usahakan untuk jalan kaki. Penggunaan jarak tempuh antara tempat pemberhentian kendaraan ke kamar  kerja inilah yang perlu diperbanyak dan diisi dengan jalan kaki (transit-associated walking). Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa jalan kaki dari tempat parkir ke tempat kerja memberi manfaat ganda, yakni menyehatkan tubuh dan menyehatkan kantong anggaran. Jalan kaki dari tempat transit/halte ini memberi manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan stres dan menurunkan pengeluaran biaya bahan bakar.
Sebagai rakyat biasa, mari kita pilih lebih baik jalan kaki pada setiap waktu berpindah tempat, misalnya ke pasar, kantor, rumah tetangga, rumah keluarga, atau tempat lainnya. Kalau ke rumah tetangga, tidak perlu naik motor. Kalau ke mall, pergunakanlah angkutan publik. Dari halte, mari berjalan kaki ke lokasi tujuan.
Buat pemerintah daerah, masyarakat yang ingin berjalan memerlukan koridor (pedestarian), halte, stasion, dan tempat parkir yang memadai. Di sana-sini halte masih langka, bus angkutan umum sangat tidak cukup, pete-pete tampaknya justru berlebih, dan koridor masih dipakai pedagang kaki lima. Motor pribadi sudah sangat sesak dan memenuhi kemacetan sepanjang jalan. Disiplin pengguna jalan menjadi kacau balau. Perjalanan yang terhambat dan melambat membuat pembakaran mesin dan pengeluaran bahan bakar meningkat. Bensin berpola boros. Kuota tidak mencukupi. Yang tampak dimana-mana, antrian panjang jeregan isian BBM di SPBU.
Upaya massal menggerakkan masyarakat untuk berolahraga jalan setiap hari selayaknya menjadi program kerja pemerintah. Dengan demikian,  olahraga berjalan bisa menghemat penggunaan BBM jika telah menjadi pola hidup sehari-hari dari sekitar 125 juta masyarakat pekerja di Indonesia.
Dan tentu Presiden (terpilih) Jokowi tidak perlu mengurangi subsidi/menaikkan harga BBM, karena rakyat sudah tidak boros BBM dengan cara olahraga jalan kaki. Semoga. (mnb)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar